Google Drive Tambah Fitur Untuk Permudah Pencarian Data

shares |

Google Drive Tambah Fitur Untuk Permudah Pencarian Data

Pencarian data dalam layanan Google Drive akan semakin mudah. Pekan ini Google menambahkan fitur autocorrect dan pengolahan bahasa alami atau Natural Language Processing (NLP) dalam pencarian.

Pengolahan bahasa alami pada kotak pencarian memungkinkan pengguna untuk menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa informal saat melakukan pencarian. Fitur ini sesederhana memasukkan kata dalam fitur "Ok Google," seperti dilansir melalui 9to5google.com, Kamis 22 September 2016.

Pencarian dengan bahasa sehari-hari memungkinkan pengguna menuliskan perintah seperti "cari lembar kerja budget sejak Desember," atau "tunjukkan presentasi dari Anissa." Pencarian tak lagi harus menggunakan nama judul file atau kata-kata di dalam dokumen.

Secara khusus, Google Drive akan mengubah bahasa alami atau pertanyaan Anda menjadi bentuk tertentu yang kemudian bisa Anda klik.

Drive juga menambahkan fitur autocorrect yang akan memperbaiki kesalahan eja pada kata pencarian. Anda akan menemukan petunjuk atau daftar "Apakah maksud Anda" di bawah bar kotak pencarian layaknya yang disediakan pada Google Search.

Hasil pengolahan bahasa alami akan berkembang lebih banyak setiap kali Anda melakukan pencarian.

Google Drive juga menambahkan fitur kolom baru dan kemampuan untuk mengunduh dokumen yang sekaligus mengubah formatnya dari format asli.

Fitur ini ditambahkan karena pengguna sering mengunggah file dengan format berbeda-beda. Google Drive secara otomatis akan mengubah format data tersebut.

Pembaruan kali ini akan membuat file data asli tetap tersimpan, dan kemudian pengguna bisa mengunduhnya dengan format lain. Pengunduhan data akan secara bersamaan mengubah format data.

Hingga saat ini fitur-fitur baru yang disiapkan Google Drive hanya tersedia untuk pengaksesan melalui Web. Fitur pengubah format bisa ditemukan untuk jenis data dokumen, sheets, dan slides

Sumber : tekno tempo

Related Posts